Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam kompetensi keahlian RPL agar dapat bekerja baik secara mandiri atau lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
2. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karier , berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
STRUKTUR KURIKULUM | ||||||||
SMK YKTB 3 BOGOR | ||||||||
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI | ||||||||
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA | ||||||||
KOPETENSI KEAHLIAN : REKAYASA PERANGKAT LUNAK (070) | ||||||||
NO | MATA PELAJARAN | DURASI JAM | X | XI | XII | |||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
1 | Normatif | |||||||
1 | Pendidikan Agama Islam | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3 | Bahasa Indonesia | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
4 | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
5 | Seni Budaya | 128 | 2 | 2 | 2 | 2 | - | - |
II | Adaptif | |||||||
1 | Bahasa Inggris | 448 | 4 | 4 | 4 | 4 | 6 | 6 |
2 | Matematika | 448 | 4 | 4 | 4 | 4 | 6 | 6 |
3 | IPA | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
4 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 128 | - | - | 2 | 2 | 2 | 2 |
5 | KKPI | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
6 | Kewirausahaan | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
7 | Fisika | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
8 | Kimia | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Jumlah Jam Normatif dan Adaftip | 28 | 28 | 30 | 30 | 32 | 32 | ||
3 | Produktif | |||||||
3.1 | Dasar Kompetensi Kejuruan RPL | |||||||
3.1.1 | Merakit Personal Computer | 32 | 2 | |||||
3.1.2 | Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar | 64 | 4 | |||||
3.1.3 | Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan hidup (K3LH) | 64 | 2 | 2 | ||||
3.2 | Kompetensi Kejuruan RPL | |||||||
3.2.1 | Memahami Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar | 64 | 4 | |||||
3.2.2 | Menerapkan Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar | 64 | 4 | |||||
3.2.3 | Menerapkan Algoritma Pemrograman Tingkat Lanjut | 32 | 2 | |||||
3.2.4 | Membuat Basis Data | 64 | 4 | |||||
3.2.5 | Menguasai Aplikasi Basis Data | 64 | 4 | |||||
3.2.6 | Memahami Pemrograman Visual Berbasis Dekstop | 64 | 4 | |||||
3.2.7 | Membuat Paket Software Aplikasi Berbasis Dekstop | 64 | 4 | |||||
3.2.8 | Menginstall dan Mengoperasikan Sistem Operasi Jaringan Komputer | 64 | 4 | |||||
3.2.9 | Menguasai Bahasa Pemprograman SQL Tingkat Dasar | 64 | 4 | |||||
3.2.10 | Menguasai Bahasa Pemprograman SQL Tingkat Lanjut | 64 | 4 | |||||
3.2.11 | Menguasai Dasar-Dasar Pemprograman Web Statis Tingkat Dasar | 64 | 4 | |||||
3.2.12 | Membuat Halaman Web Dinamis Tingkat Dasar | 64 | 4 | |||||
3.2.13 | Membuat Halaman Web Dinamis Tingkat Lanjut | 32 | 2 | |||||
3.2.14 | Merancang Aplikasi Teks dan Dekstop Berbasis Objek | 64 | 2 | 2 | ||||
3.2.15 | Menggunakan Bahasa Pemprograman Beorientasi Objek | 64 | 4 | |||||
3.2.16 | Merancang Program Aplikasi Web Berbasis Objek | 64 | 4 | |||||
3.2.17 | Membuat Aplikasi Basis Data Mengunakan SQL | 64 | 4 | |||||
3.2.18 | Mengintegrasikan Basis Data Dengan Sebuah Web | 96 | 6 | |||||
3.2.19 | Membuat Program Basis Data | 64 | 4 | |||||
3.2.20 | Membuat Aplikasi Web Berbasis JSP | 64 | 4 | |||||
Jumlah Jam Pelajaran Produktif | 1408 | 16 | 16 | 14 | 14 | 14 | 14 | |
IV | Muatan Lokal | 192 | ||||||
1 | Bahasa Sunda | 2 | 2 | - | ||||
2 | Pendidikan Lingkungan Hidup | - | 2 | 2 | - | |||
Jumlah Jam Pelajaran Muatan Lokal | 2 | 2 | 2 | 2 | 0 | 0 | ||
Total Keseluruhan Jam Pelajaran | 46 | 46 | 46 | 46 | 46 | 46 |