Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak

1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam  kompetensi keahlian RPL agar dapat bekerja  baik secara mandiri atau lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.

2. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karier , berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

 

STRUKTUR KURIKULUM
SMK YKTB 3 BOGOR
                 
BIDANG STUDI KEAHLIAN       : TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN   : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOPETENSI KEAHLIAN            :  REKAYASA PERANGKAT LUNAK (070)
 
NO MATA PELAJARAN DURASI JAM X XI XII
1 2 3 4 5 6
1 Normatif              
1 Pendidikan Agama Islam 192 2 2 2 2 2 2
2 Pendidikan Kewarganegaraan  192 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia  192 2 2 2 2 2 2
4 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 192 2 2 2 2 2 2
5 Seni Budaya 128 2 2 2 2 - -
                 
II Adaptif               
1 Bahasa Inggris 448 4 4 4 4 6 6
2 Matematika 448 4 4 4 4 6 6
3 IPA 192 2 2 2 2 2 2
4 Ilmu Pengetahuan Sosial  128 - - 2 2 2 2
5 KKPI 192 2 2 2 2 2 2
6 Kewirausahaan 192 2 2 2 2 2 2
7 Fisika  192 2 2 2 2 2 2
8 Kimia 192 2 2 2 2 2 2
  Jumlah Jam Normatif dan Adaftip   28 28 30 30 32 32
                 
3 Produktif              
3.1 Dasar Kompetensi Kejuruan RPL              
3.1.1     Merakit Personal Computer 32 2          
3.1.2     Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar 64 4          
3.1.3     Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan hidup (K3LH) 64 2 2        
3.2 Kompetensi Kejuruan RPL              
3.2.1 Memahami Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar 64 4          
3.2.2 Menerapkan Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar 64 4          
3.2.3 Menerapkan Algoritma Pemrograman Tingkat Lanjut 32   2        
3.2.4 Membuat Basis Data 64   4        
3.2.5 Menguasai Aplikasi Basis Data 64   4        
3.2.6 Memahami Pemrograman Visual Berbasis Dekstop  64   4        
3.2.7 Membuat Paket Software Aplikasi Berbasis Dekstop  64     4      
3.2.8 Menginstall dan Mengoperasikan Sistem Operasi Jaringan Komputer 64     4      
3.2.9 Menguasai Bahasa Pemprograman SQL Tingkat Dasar  64     4      
3.2.10 Menguasai Bahasa Pemprograman SQL Tingkat Lanjut 64       4    
3.2.11 Menguasai Dasar-Dasar  Pemprograman Web Statis Tingkat Dasar  64       4    
3.2.12 Membuat Halaman Web Dinamis Tingkat Dasar  64       4    
3.2.13 Membuat Halaman Web Dinamis Tingkat Lanjut 32         2  
3.2.14 Merancang Aplikasi Teks dan Dekstop Berbasis Objek 64     2 2    
3.2.15 Menggunakan Bahasa Pemprograman Beorientasi Objek  64         4  
3.2.16 Merancang Program Aplikasi Web Berbasis Objek  64         4  
3.2.17 Membuat Aplikasi Basis Data Mengunakan SQL 64         4  
3.2.18 Mengintegrasikan Basis Data Dengan Sebuah Web 96           6
3.2.19 Membuat Program Basis Data  64           4
3.2.20 Membuat Aplikasi Web Berbasis JSP 64           4
Jumlah Jam Pelajaran Produktif 1408 16 16 14 14 14 14
IV Muatan Lokal 192            
1 Bahasa Sunda   2 2       -
2 Pendidikan Lingkungan Hidup     - 2 2   -
Jumlah Jam Pelajaran Muatan Lokal   2 2 2 2 0 0
Total Keseluruhan Jam Pelajaran   46 46 46 46 46 46